Survei ke hutan Bodogol

Posted: 14 Mei 2010 in KIR, petualangan (ngebolang), Sehari-hari

Akhirnya setelah sekian lama, gue bisa ngeblog lagi, huhuhu

Ok gue pengen cerita perjalanan survei gue ke Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol (PPKAB) di Sukabumi bareng anak2 FOSCA.

Kamis, 13 Mei 2010

Hari itu gue ma temen2 mau ngadain survei tempat buat Science Camp 2010. Yang ikut survei adalah Icha, Kiki, Henry, Tini, n gue, plus supirnya Icha. Rencana sebelumnya, kita berangkat ke Bogor pas hari rabu sore, n nginep dulu di rumah Firman (SMA 2 Bogor), besok pagi baru jalan ke Bodogol. Tapi gak jadi karena berbagai hal.

Pagi itu gue bangun jam setengah 5, langsung siap2. Gue berangkat ke Labs school jam 5.15. Setelah drop di gerbang, gue nunggu Icha sendiri di pinggir trotoar kayak gembel, dilihatin pedagang di situ. Setelah nunggu hampir 20 menit Icha nelepon gue.

“Hoi mi dmana lo? dah sampe?” tanya icha di seberang sana.
Dengan nada sedikit kesel ” Gue dh sampe dari tadi cha, di depan gerbang” jawab gue.
“Hah?! dmananya” dia kaget.
Gue bangun n ngelihat mobil avanza hitam lagi nepi di deket gue.
“Lo baru nepi kan di labs school?” tanya gue.
“I…iya, lo dmana?”
setelah cukup deket sama mobil gue ngomong “coba lo nengok ke kiri lo”.
Trus dia nengok “HUAHAHAHAHAHA!!!” dia ngakak sendiri dalem mobil.
Sebuah pembicaraan yang aneh, ckckck

Gue masuk kedalem mobil, n nunggu kiki yang lag dalam perjalanan. Gak lama, kiki sampe, dan perjalanan pun dimulai. Tujuan berikutnya adalah Pizza Hut Cibubur, disana Henry n Tini nunggu dijemput.

20 menit kemudian Kita dah sampe di PH cibubur. Habis parkir, Icha ngontak si Henry. Disela-sela waktu itu gue keluar dari mobil n muter2 nyari toilet. Setelah muter2, n nanya sama mas2 di Mc’D, ternyata toilet ada di samping SPBU, sialan cape2 nyari. Balik dari toilet Henry n Tini kelihatan dari kejauhan, setelah mereka masuk perjalanan di lanjutkan.

Di perjalanan, Icha muter lagu2 yang gak jelas, dari yang pop sampe melayu, bahkan lagu2 (maaf) yang menurut gue alay banget. Enjoy the music. Di jalan, kiki nanya ke firman, dia mau ikut pa gak. Pas ditanya dia baru pulang olahraga n mau mandi. Karena sudah masuk Ciawi, kita minta firman nyusul ke Lido, Sukabumi.

Sekitar setengah jam kemudian kita sampe di depan Lido Resort, sebelum masuk gerbang, kita nanya ke firman dimana posisi dia, ternyata dia baru selese mandi! Gile, lama amat mandinya. Akhirnya kita putusin agar si firman gak usah ikut dulu, karena kita harus ngejar waktu.

Pas masuk ke gerbang kita dikasih kartu kunjungan, n di sini supir Icha berbuat konyol.
“Pagi pak, Cibodong dimana ya?” tanya dia polos, sambil megang tiket yg belom dilepas sama satpam.
Si satpam bingung “Ah? Cibodong?” sambil coba narik kartu lagi, n mereka tarik2an kartu, hahahaha.
Akhirnya kita bilang “BODOGOL PAK!” dengan serempak tanpa komando, hahahaha, konyol banget tu orang.

Perjalanan dilanjutkan, kita sempet berhenti dulu di pos penjaga, disitu gue beser lagi. Sejenak ngerenggangin otot. Disana gue baru inget, kalo belom ngaktifin esia gogo, ah bego lo mi. Perjalanan dilanjutkan kembali…

Kita sampe di pos Bodogol di desa terdekat. Disana kita markir mobil n ngehubungin mas Atuk (sebenernya lebih cocok aa, karena orang sunda). Selidik punya selidik, ternyata kita baru 4 km dari gerbang tadi, n masih ada sekitar 3 km lagi ke hutan Bodogolnya, itu pun harus dilanjutin pake ojek, karena mobil Icha gak bisa lewatin jalan ke PPKAB (medanya ekstim).

PALANG POS BODOGOL

PALANG POS BODOGOL

Yang paling penting dari pos ini adalah harga satu ojek seharga Rp.50.000 dengan alasan medan yg berat n tadi pagi habis hujan. Gile nyesek banget, sama tu harga. Tapi mau gimana lagi, demi sebuah acara. Untungnya tu harga pulang pergi.

briefing sebelum berangkat

Setelah bersiap2 berangkat, gue ke kamar kecil lagi, huhuhu. Lalu perjalanan dengan ojek pun dimulai. Berikut foto2 dalam perjalanan menuju PPKAB.

keindahan alam dalam perjalanan

Di jalan gue ngobrol sama tukang ojek gue. Disitu gue diceritain sama dia (pake bahasa sunda, n gue juga ngomong sunda) medan2 ke PPKAB, pengalaman dia jd tukang ojek dsbg. Tak disangka ternyata gue pas ngobrol paling ribut, sampe kedengeran kiki di depan, hehehe.

pintu masuk hutan Bodogol

15 menit kemudian kita sampe di pintu masuk hutan Bodogol. Pemandangan perkebunan di gantikan olej pohon2 menjulang tinggi, n jalan berbatu n berlumpur digantikan jalan batu berlumut, yang makin memacu adrenalin.

jalan di hutan Bodogol

Sekitar 15 menit kemudian kita sampai di PPKAB, kita ketemu orang2 pengurus PPKAB diantaranya mas Igud, mas Atuk, sama satu lagi gue lupa namanya sebut saja mas Serius. Sampai sana kita diajak ke pusat informasi, disitu icha ngejatohin peta rancangan PPKAB yg mau direnovasi, aduh icha. Terus kita ke atas lagi ke tempat makan, disitu kita ngumpul semua n ngadain diskusi soal acara di Bodogol.

suasana diskusi

Tempat yang kita kunjungin terletak 7,1 km dari jalan raya, n 3 km dari desa terdekat. Bentuk dari PPKAB memanjang, jadi didepan hutan, di belakang jurang, ckckck. Tapi keren pemandanganya.

suasana PPKAB

Habis itu kita masuk kedalam hutan buat survei tempat2 di sana. Tapi sebelumnya kita di beri pengarahan dari Mas Igud dulu

penjelasan dari Aa Igud

Terus kita nyusurin trek dengan Mas Igud sebagai guidenya.

salah satu trek di Bodogol

Trek disana berlumut, n agak kotor, karena faktor kondisi cuaca yang sering hujan. Di jalan gue sering kepeleset karena pake sepatu converse. Pertama kita menuju catwalk, tempat pengamatan burung, primata, maupun keindahan alam Bodogol

catwalk

Terus dilanjutin ke jembatan kanopi yg panjangnya 50 meter.

jembatan kanopi

foto di jembatan kanopi

Habis dari jembatan kanopi kita harus nyusurin jalan yg tadi dengan cara menanjak. Disini icha sering banget duduk kecapean, ayo cha biar cepet kurus.

bos lagi kecapean

Setelah berbagai perjuangan akhirnya kita sampai di penginapan, disitu kita hampir pada tepar. Gak lama, kita pamitan sama orang2 PPKAB. Pas lagi turun gue maen prosotan dulu.

tempat gue maen prosotan, hahaha

Di jalan pas lagi turun kita ngisi buku tamu, gak sengaja ngelihat owa jawa lagi gelantungan.

lagi ngelihat owa jawa

Setelah puas ngelihat owa jawa, kita pulang. Pulangnya kita resmi naek ojek lagi, seperti biasa, gue ngobrol2 lagi pake bahasa sunda sama tukang ojek, hehehe. Sesampe di pos Bodogol, kita bayar ojek, terus pamitan sama orang2 yang ada disitu. Dan kita berangkat pulang.

foto setelah survei

Pulangnya kita maen dulu ke Botanic Square (bahasa kerenya BOKER), di jalan anak2 dh pada laper duluan. Mereka pada bawa tempat makan sedangkan gue kagak, sms henry nyuruh bawa tempat makan gak masuk gara2 inbox gue penuh. Makanan dah disediain sama Icha, kita tinggal makan. Henry jadi baby sitter karena ngebagiin semua makanan hahahha. Gue sendiri akhirnya makan diatas tempat nasi, nasib oh nasib.

Di boker kita karaokean buat ngilangin stres, habis itu ketemu sama Agung anak SMA 1 Bogor. Kita ngomongin masalah SC, habis itu kita pulang ke Jakarta.

Gue sampe rumah jam setengah 8, jam 9 gue dah tepar. Paginya gue bangun jam 6. Untung sampe sekolah gak telat hahaha.

Ok sampe sini dulu postingan kali ini. Bye.

Enjoy the weekend…

Tinggalkan Balasan

