Science Camp 2010 part.3

Posted: 1 Agustus 2010 in Tak Berkategori

Maafkan blogger yang satu ini, dah hampir 3 minggu gak posting blog, jadi selamat membaca.

Jum’at, 2 Juli 2010
Hari ke-2

Hari itu adalah hari penelitian untuk semua kelompok, salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu.

Masing2 kelompok mulai sibuk dengan persiapan penelitian masing2. Kelompok penelitian gue sendiri bernama “Kelompok Penelitian Hutan” yang bakal ngebahas hutan homogen n heterogen.  Penelitian kelompok hutan menggunakan metode plotting area, sebesar 20 x 20 meter, 10 x 10 meter, dan 5 x 5 meter. Setelah persiapan dirasa cukup kita jalan setelah sarapan sekitar pukul 07.30.

Menuju hutan Homogen…

Perjalanan Menuju Hutan Homogen

Perjalanan melewati jalur cikaweni, menembus hutan pinus. Selama hampir 20 menit tim berjalan, akhirnya berhenti juga di jarak 300 meter dari titik awal trek. Kalo kita lihat dalam foto hutan pinus ini sekilas nampak seperti hutan heterogen, padahal tidak. Pada awalnya hutam pinus ini milik perhutani yang getahnya ini dimanfaatkan oleh amsyarakat sekitar, namun dalam perkembanganya kegiatan ini terus membuat hutan heterogen semakin berkurang. Oleh karena itu hutan pinus ini di ambil alih oleh Taman Nasional hingga sekarang.

area plotting

Setelah kita tetapkan areanya, saatnya mempersiapkan tali rafia untuk pembatas area penelitian (plot).

pengukuran tali

Setelah didapatkan ukuranya, saatnya pemasangan plot 20 x20, 10 x 10, dan 5 x 5 meter.

Pemasangan plot

Pemasangan plot salah satu bagian yang sulit soalnya medan yang gak rata n curam. Setelah dipasang plot tersebut baru dilakukan pengukuran keliling pohon dengan meteran pita. Dari keliling ini kita bisa tahu diameternya. Dari besarnya diameter kita dapat mengelompokkan:
1.Pohon diameter >30cm
2.Tiang diameter 15-30cm
3.dll.

Pengukuran Keliling Pohon

Setelah data yang kita dapatkan cukup, titik2 plot dicabut lagi. Untuk dipakai kembali di hutan heterogen. Sambil ngolah data kita diajarin ngebedain alat perkembang biakkan dari pohon pinus.

Setelah pengambilan data dan pencabutan plot, kita balik lagi ke PPKAB. Dalam perjalanan ke PPKAB gak sengaja tim menemukan pohon yang dicakar macan sebagai penanda daerahnya.

bekas cakar macan

Sambil istirahat sebentar di dekat PPKAB, gue sama Adly ngambil minum buat dijalan nanti. Setelah 10 menit istirahat perjalanan dilanjutkan kembali melalui jalur Cipadaranteun.

Di jalan kami menemukan sebuah kamera trap untuk memfoto aktifitas macan yang ada disana. Lalu perjalanan dilanjutkan kembali, baru 100 meter berjalan, suasana hutan sudah benar2 berubah. Kini pepohonan lebih sempit, dan medan semakin berat walau masih landai.

Kamera Trap

Jalur Menuju Hutan Heterogen

Karena metode penelitian nya sama jadi gue cukup nampilin dokumentasi2 aja ya, hehe

hutan heterogen

Disaat pengambilan data di hutan heterogen gue sma beberapa temen yg lain ngedenger suara misterius, yang pertama kali ngedenger adalah gue dan Dilah.

“Haah…haaah…” terdengar suara nafas orang kelelahan, suara ini terasa berat dan terdengar dari arah trek kami.

“Dil, lo denger suara aneh gak?” tanya gue yang dibelakang dia.
Dia nengok ke arah gue dengan wajah kebingungan, “Lo ngedenger juga mi?”
“Ia, gue juga denger, kayak orang ngehembusin nafas kan?”
“Ia itu suaranya, gue kira itu suara kak Nurdin, tapi kan dia jauh dibelakang” tanya Dila.
Gue sempet terheran juga disini, “Sama, gue kira juga kak Nurdin yang nafas kayak gitu, soalnya suaranya berat”.

Kemuadian suara itu terdengar lagi.

“Hey dil lo denger lagi ga? tanya gue.
“Ia mi gue denger lagi!” raut wajahnya mulai ketakutan.

Gue coba ngelihat ke sekeliling, tapi gak ada tanda2 orang lain selain kami, lantas gue nanya ke temen2 yang lai.

“Eh, ada yg denger suara aneh gak? kayak orang nafas kecapean terus nadanya berat?” tanya gue.
“Engga mi,” jawab yang lain.
“Ah? serius?” sentak gue kaget “Masa cuma kita yang denger dil?”

Beberapa saat kemudian satu persatu dari kami mulai ngedenger suara aneh itu. Anehnya cuma gue yang gak denger, sedangkan Dilah ngedenger lagi. Gara2 keanehan itu, Dilah ketakutan dan nutup telinganya sampai penginapan. Hingga tulisan ini dibuat, suara itu masih menjadi misteri bagi kelompok penelitian hutan.

***

Siang itu matahari cukup terik, gue dan Arseki ngejemur pakaian yang basah kemaren gara2 hujan. Karena tempat jemuran penuh, terpaksa gue jemur di semak2 yang agak tinggi.

Sambil menunggu celana kering, gue coba ngotak-ngatik data penelitian tadi bareng anak2 peneliti hutan di aula makan, sama halnya dengan kami, kelompok peneliti lain juga lagi ngolah data mereka masing2.

Disela2 pengolahan data, gue, Ama, Nadia, n kak Azizah pergi ke pusat informasi dibawah untuk nyari data2, sedangkan Dilah ngolah data yang ada di aula makan n Adly gak tau ilang kemana.

Di pusat informasi setelah ngobrak-ngabrik lemari buku, tetep aja hasilnya nihil, gak ada data yang bisa gue dapetin. Bukanya nyari data lagi, gue dkk. malah ngobrol2 satu jam di ruangan itu, haha (maaf ya Dilah haha).

Soal jemuran gue alhamdulillah dah kering, ya walaupun matahari cuma bersinar terik 2 jam, selanjutnya hingga hari terakhir gue di PPKAB matahari tetap tertutup awan.

Malamnya setelah acara makan malam, tim2 penelitian mulai ngolah data, ada yang dikamar, n ada juga yang di ruang kelas. Kelompok gue ngolah data di ruang kelas.

Klao anak2 pada sibuk ngolah data, gue malah tidur ditengah2 pengolahan, untung aja gak ada yang protes, haha. Banyak banget data yang harus dimasukin malam itu karena besok pagi jam 8 semua harus presentasi.

Well sampai segini dulu…

to be continue

Komentar
  1. nataniel mangesu mengatakan:

    saya mau tanya,,,apa pengertian dari hutan homogen dan heterogen

    • helmiromdhoni mengatakan:

      maaf baru saya balas, secara garis bewsar hutan homogen adalah hutan yang berisikan tumbuhan2 yang majoritas sejenis. Hutan heterogen berisikan tumbuhan2 yang isinya bervariasi (lebih banyak variasi jenisnya).

Tinggalkan Balasan

