New Technology Observation Nature (NEWTON) 2010 part.1

Posted: 6 Januari 2011 in KIR, petualangan (ngebolang), Sekolah

Sekitar 2 Minggu yang lalu, ekskul KIR baru aja ngadain kegiatan New Technology Observation Nature (NEWTON) 2010. . .

Selasa, 21 Desember 2010 H-1

Malam itu hujan turun ditengah redupnya cahaya lampu jalan, gang sempit depan rumah terlihat sepi, hanya gemercik air hujan yg menghujam bumi. Hawa semakin terasa dingin diikuti semilir angin malam.
Kini hanya tersisa rintik2 hujan yang turun. Ku meminta doa dan restu akan kepergian ku malam itu, untuk sebuah tanggung jawab dan pengabdian ku. . .

Gue masih inget seharian itu jadwal gue bener2 padet, dari pagi gue ngurus persiapan buat kegiatan NEWTON, baik itu pribadi maupun peralatan acara. Sampai malam itu gue belom makan sama sekali, yang ada cuma minum, minum dan minum.

Sekitar jam 21.00 gue sama Fatah ngambil banner newton di salah satu jasa print spanduk di jalan Pramuka. Saat itu juga hujan rintik2 masih turun, walaupun baju basah gue berdua tetep ga peduli yang penting banner bisa di ambil. Pas pulang juga gue berdua hujan2an, walaupun harus bawa banner. Sampai rumah Fatah gue ambil motor dan balik ke rumah, karena malam itu juga gue harus berangkat ke Planetarium. Pas dijalan hujan mulai deres lagi, tp gue ga peduli lagi dengan kondisi gue malam itu, basah, kedinginan dan kelaparan (sedikit lebay) plus belom mandi sama sekali. Gue masih inget ka Indra nanyain gue trus “mi, dimana?” dan gue selalu bilang lagi siap2 (maaf ya kak), time goes on . . .

Sekitar jam 22.30 gue baru berangkat dari rumah. Gue berangkat dengan baju yang gue pake dari pagi, pake jaket tebel, bawa tas kapasitas 35L, plus dua tas kecil isinya peralatan dan makanan (mirip banget kayak orang lagi mau mudik). Karena malam makin larut dan hujan (masih) turun, gue tetep jalan sambil hujan2an. Berhubung sudah malam banget dan gak ada metromini, dengan sangat terpaksa gue naek bajaj sampe Planetarium.

Setelah berdebat dengan si abang tukang bajaj soal ongkos, akhirnya tu abang takluk juga. Dengan itu gue resmi berkelana dengan bajaj malam itu. . .

Sampai di Planetarium gue langsung masuk ke sekretariat HAAJ di dalam, habis ngedrop barang bawaan, gue sama kak Indra n kak Ronny S makan malam di depan TIM. Makalum aja suka banyak tukang makanan di situ kalo udah malem, dan akhirnya gue bisa makan juga, haha.

Habis makan malam, gue ngelanjutin presentasi gue yang belom kelar sama sekali di dalem sekretariat, padahal besoknya gue harus ngisi materi. Gak kerasa dah berapa lama gue ngerjain presentasi, tau2 udah jam 1 malam (itu pun belom kelar), dan mata gue merem melek. Gue lihat di sebelah gue pak Widya lagi tidur, di depan gue ka Indra juga tidur, dan gue masih ngerjain presentasi dengan ditemani nyamuk2 sekret yang liar.

Setelah berjuang merem melek, berantem sama nyamuk2 liar, dehidrasi (padahal minum terus), akhirnya presentasi gue selesai sekitar jam setengah 4 pagi (hari H). Setelah gue save, gue matiin laptop, terus gue tidur dengan posisi duduk sambil nyender ke tas gue…

Rabu, 22 Desember 2010 hari H
Pukul : 05.15

Subuh itu gue bangun tanpa alarm (mungkin dah panggilan alam), padahal gue baru tidur 2 jam. Habis sholat, gue langsung mandi di kamar mandi kantor HAAJ. Yang cukup bodoh pagi itu adalah, pas gue mau gosok gigi ternyata eh ternyata pasta gigi (baca: odol) gue habis, akhirnya mau ga mau gue gosok gigi gak pake odol. Keluar kamar mandi, dengan mulut tak segar gue beres2 bawaan gue.

Sekitar pukul 06.00 gue sama kak Indra ngebawa turun box berisikan Teleskop Refraktor ke deket sekeret, dan bersiap2 berangkat. Habis gue dapet taxi, gue sama kak Indra pamit dengan pak Widya n kak Ronni S, dan gue berdua berangkat ke daerah tegalan dimana rombongan KIR berkumpul. . .

Location : Tegalan
Time : 06.40 a.m.

Turun dari taxi, seperti biasa gue sama kak Indra yang ngebawa box teleskop ke tempat kumpul. Di bawah jembatan penyebrangan terlihat segerombolan anak2 KIR, alumni, n bu Desi. Sampe ke tempat ngumpul, bukanya pada ngebantuin ngankat teleskop, malah pada sibuk masing2 ckck.

ngangkut teleskop

ngangkut teleskop

pak Leo dan pak Ochan

pak Leo dan pak Ochan

di Tegalan

di Tegalan

Habis drop teleskop n barang bawaan, gue langsung ngontrol semua kesiapan panitia. Pas lagi ngontrol semua persiapan, ternyata ada hadiah yang belum dibeli. Lantas gue sempet panik disitu. Tapi untung ada motor kak Rizky yang bisa di pake. Setelah dapet tu motor gue sama Fatah beli beberapa hadiah n makanan di daerah kayu manis 2. Harap2 gak telat, gue percepat motornya.

Sampai di tempat kebetulan bus baru sampe,  jadi peserta n panitia baru pada masuk-masukin barang2. Gue sih salut pada masuk2in barang dengan rapi, tapi masa yang ditinggal di trotoar cuma tas gue sama box teleskop nasib…nasib…
Karena ngerasa takut kenapa2 sama teleskop, akhirnya gue terpaksa singkirin tas2 di belakang jok paling belakang buat tempat box teleskop (sori ya). Setelah semua siap, bus pun berangkat…

di bus

di bus

si Ongky

si Ongky

Sekitar pukul 09.00 Rombongan sempat istirahat di rest area di km 80-an. Disitu hampir semua yang naek bus pada turun buat ke kamar kecil, sembari menghirup udara segar dataran tinggi, dan nikmatin pemandangan. Setelah hampir istirahat 10 menit, anak2 pada balik ke bus, tapi kemana supirnya? selidik punya selidik ternyata supirnya ke wc (mungkin buang hajat). Setelah nunggu, nunggu, dan menunggu, akhirnya bus jalan lagi.

di rest area

di rest area

Oya karena perjalanan yang cukup lama (3 jam lewat) banyak foto2 peserta maupun panitia yang tidur di bus, tapi sayang ga bisa gue tampilin disini hehe.

kak Noer lagi tidur

kak Noer lagi tidur

Location : Lembang
Time : 10.30 a.m.

Rombongan sampai di tempat parkir bus. Tempat parkirnya kayak rest area, hanya saja, di belakangnya ada arena out bound sama kebun stroberi (jangan ditiru ya seharusnya strawberry).

sampai di Lembang

sampai di Lembang

Habis nurunin semua barang2, seluruh panitia kembali berdoa, bersyukur karena selamat sampai tujuan dan semoga acara newton 2010 berjalan lancar.

siapa kita?! "VOLTAGE!"

siapa kita?! "VOLTAGE!"

Perjalanan selanjutnya adalah berjalan kaki sekitar 400 meter / 15 menit perjalanan dari tempat parkir. Setelah nyebrang jalan raya Lembang, selanjutnya ngelewatin jalan aspal yang sudah rusak, dan menanjak. Beberapa menit melewati jalan beraspal, rombongan ngelewatin jalan berbatu besar. Setelah berjalan di terik matahari, akhirnya rombongan sampai di Kinderdorft (tempat menginap). Perlu diingat pula kalo yang bawa teleskop masih sama yakni gue sama kak Indra, udah panas2an, keberatan, keringetan, pegel dll. Bahkan udah nyoba berbagai macam style ngangkat teleskop selama perjalanan.

jalan ke Kinderdorft

jalan ke Kinderdorft

Location : Kinderdorft
Time : 11.00 a.m.

Sampe di parkiran kinderdorft udah naro barang, yang anak2 pikirin adalah gimana caranya bisa istirahat, minum dan tidur (?), padahal belum pembukaan dan pembagian kamar.

Karena tak mau berlama2, akhirnya setelah pembukaan dan pembagian ruang kamar, semua peserta maupun panitia dan guru2 langsung menempati kamar tidur masing2. Gue sendiri ada di kamar nomor 10 lantai 1 bareng kak Indra, Rizky, Indra, kak Imam, kak Noer, Indra kevin, dll. Kamar pun sederhana hanya ada 3 kasur, dinding tembok berwarna cokelat muda, sebuah kamar mandi, dan cermin, dengan gaya arsitektur belanda, dan ukuran kamar hanya sekitar 4.5×3 meter.

Sedikit flash back, SOS Kinderdorft sendiri merupakan suatu yayasan yang berasal dari negara Swiss. SOS Kinderdorft yang kami tempati merupakan salah satu cabang yang ada di Indonesia selain di Bali, Aceh, dan Jakarta. Bentuk penginapan Kinderdorft Lembang sendiri seperti rumah kost 2 tingkat dengan banyak kamar, yang berbentuk huruf  “O” , dengan taman dan air mancur ditengahnya.

Balik ke acara, panita sie acara, koorlap n perlengkapan lagi pusing milih tempat buat presentasi. Langkah pertama adalah ke ruang aula bawah (di luar gedung). Sampai di depan ruang aula yang ada dalam fikiran gue adalah :

  • Seberapa luaskah?
  • Seberapa kotorkah (kelihatan kotor soalnya)
  • Sumber listriknya deket ga?
  • Di sini bakal ada apa2 ga ya?

Itu cuma sepintas pertanyaan gue pas di depan ruang aula. Pas gue masuk gue nemuin ruangan beratap tinggi, garis lapangan bulu tangkis, panggung, bangku2 kayu panjang, sebuah mimbar, dan lantai yg berdebu. Setelah sedikit berdiskusi akhirnya kita ga jadi ditempat itu karena beberapa alasan. Sudah ditentukan pula bahwa kita make ruang pertemuan lantai 2 (dalam gedung).

Sesampai di ruang pertemuan, gue udah bawa projector sekolah dan laptop. Tapi masih ada yang kurang yakni gulungan kabel, pas gue tanya ke Faza ternyata dia cuma bawa yang pendek, setelah sempet panik, akhirnya ada panitia yang bawa kabel yang lebih panjang, Alhamdulillah. Selesai setting n pasang2 speaker, masuk waktu adzan ruang pertemuan di pake buat sholat berjamaah.  Setelah sholat semua peserta dan panitia makan makanan yang mereka bawa dari rumah untuk makan siang.

Sekitar pukul 13.00 acara pertama adalah penyampaian materi “Sifat-sifat Ilmiah” oleh kak Dian Rachmawati kelas XII. Selagi peserta ikut materi, panitia yang lain nyiapin materi pos mereka masing2 (setelah materi akan ada acara game post to post bagi peserta). Kalo bidang lain banyak anggotanya, pos gue cuma ada dua orang yakni gue n Ezy. Ezy sendiri masih jadi pj materi jadi dia belom turun, dan resmilah gue sendiri buat sementara, mana gue lupa beli stroberi buat pos. Untung ada kak Bowo yang bawa motor, lantas gue pinjem motor kak Bowo dengan syarat dia dipinjemin raket plus kok (persyaratan yang aneh). Karena raket masih nganggu yaudah gue pinjemin aja.

Gue berencana beli stroberi di tempat parkir bus soalnya di situ ada kebun stroberi. Gue kesana sama Sri karena yang lain lagi pada sibuk, di jalan gue ketemu pak Leo n pak Ocan (guru pendamping) di perjalanan. Setelah beli stroberi, gue berdua langsung balik ke penginapan.

Sampe penginapan gue lihat panitia dah pada stand by di pos masing2, lalu bagaiman nasib gue? jga pos sendiri di Pendopo sebelah lapangan bola? Sambil nunggu Ezy n peserta yang lain keluar gue terpaksa maen2 dulu di pos TA n HSK. Nasib…

Gak lama nunggu Ezy dah sampe di pos BPH, dan yang jaga pos berdua aja, tapi untungnya beberapa alumni ngebantuin, jadi pos BPH ga sepi, hehe. Kalo ditanya “materi pos BPH apa?” jawabnya simpel “cuma promosiin stroberi doang kok”. Tapi ga sekedar promosi stroberi yang ngomng doang,  disini akan di uji materi “Sikap Ilmiah” yang baru mereka pelajarin. Khusus di pos BPH setelah menjalani kegiatan di pos ini, setiap peserta berhak ngambil satu buah stroberi untuk mereka makan.

Setelah sampai sekitar jam 15.00, game pos to pos akhirnya selesai, masuk ke waktu istirahat, sholat dan makan snack sore. Nanti sekitar pukul 15.45 bakal ada materi “Mengenal Lomba-lomba Tingkat Nasional” dari gue.

Habis ISOMA, dilanjutin sama kegiatan materi di ruang pertemuan. Di situ gue lebih ke ara share tentang event2 nasional, dan berbagi cerita sama temen2 KIR yang jadi finalis kayak Kevin n ka Santi. Kenapa kok gue ngisi materi kayak gitu? Alasanya mudah karena mereka di KIR bukan untuk tahu, tahu, dan tahu. Tapi mereka harus bisa belajar, berfikir, dan ciptakan. Sayang sekali waktu yang ada hanya sebentar, padahal masih banyak yang bisa mereka ketahui tentang event2 ini.

Sekitar pukul 17.00 setelah gue selesai acara masuk ke kegiatan MCK. Rata2 dari peserta mandi kecuali gue, ka Indra, n beberapa pengurus yang lain, hehe.

to be continue

Sampai sini dulu ya, bye…

to be continue…

 


Tinggalkan Balasan

