Kenalan dengan Wildlife Photography

Posted: 18 Juli 2013 in Tak Berkategori

Whoaaa dah lama gak nulis blog lagi. Sebenarnya banyak yang mau ditulis, tapi entah kenapa malas ngetiknya -.-” Maaf sekali lagi maaf.

Gambar

Post terakhir gue tanggal 7 April 2012!!!!!

 

Bicara dah lama gak ngeblog sekarang gue lagi menekuni dunia fotografi, khususnya Wildlife Photograph yang berfokus dengan flora, fauna, dan alam (tapi gue lebih kearah flora dan fauna). Tadinya gue suka dengan landscape, tapi semenjak kenal dengan salah satu Indonesian wildlife photographer yakni Aa Raja gue mulai minat dengan wildlife photography. 

Waktu itu gue ketemu dengan beliau di TIM, kebetulan ternyata dia teman dari Ka Nurdin (LIPI). Dari awalnya cuma ngobrol-ngobrol biasa, sampailah saat dia ngebahas-bahas fotografi.

R : “kamu suka fotografi juga mi?
G : “haha iya a, tapi cuma pake camera pocket aja”
R : “oya? suka foto apa?”
G : “hemm suka landscape sih saat ini”
R : “wah kalo landscape, kurang puas kalo pake pocket doang hehe”
G : “haha iya sh a emang kurang puas”

Sehabis obrolan seperti itu, beliau bangun dan ngambil kamera prosumer miliknya dan keliling-kelilling di sekitar tempat ngobrol. Sempet ngelihat-liat beliau moto-moto ke tempat-tempat agak tertutup (waktu itu gue meyakini dia lg foto laba-laba). Gak lama dia balik duduk dan gue ngeliat foto laba-laba yang beliau ambi, dan meskipun itu cuma laba-laba biasa yang hidup di tempat kotor, tapi hasilnya keren. Terlebih setelah gue liat foto-foto di album beliau (di FB maksudnya). Dalam hati gue cuma bisa ngomong “gile keren nih, kapan-kapan gue jajal bisa kayaknya nih pake poket”. Kalo dipikir-pikir gue sekarang kuliah di jurusan Biologi, kenapa gak coba gue tekunin dan share sama temen-temen di kampus hehe.

 

Januari lalu gue ikut pelantikkan Kelompok Studi Primata Macaca UNJ (KSP Macaca UNJ) di Bodogol, Sukabumi. Sekedar informasi saja di jurusan Biologi UNJ ada 3 kelompok studi yang bergerak di bidang konservasi, yakni Kelompok Pengamat Burung Nycticorax (KPB Nycticorax), KSP Macaca, dan Community of Marine Conservation Acropora (CMC Acropora). Setiap kelompok studi punya karakteristiknya tersendiri😀

Selama gue tracking di beberapa jalur di Bodogol, gue menyempatkan diri untuk ngambil beberapa objek foto sembari mencari primata (dalam pelantikan ini calon anggota tracking sambil belajar ngambil data dari aktifitas primata yang ada di Bodogol). Di saat tracking gue juga sempet ngobrol-ngobrol soal fotografi dengan kakak-kakanya. Kebetulan ternyata beberapa dari mereka seperti ka Tika, ka Dany, dan ka Maida juga suka fotografi (kebetulan waktu itu ngobrolnya sama mereka). Sepeti menemukan teman bermain baru, gue senang tentunya punya senior yang juga punya hobi yang sama hehe.

Sepulang dari kegiatan pelantikan gue langsung coba upload beberapa foto di FB, dan ternyata mendapat tanggapan positif. Semenjak itu gue coba menekuni wildlife photography terutama di foto-foto macro. Oya selama gue mengambil foto, gue make camera pocket Sony Cyber-shot DSC-W610 dan hasil fotonya gue edit sedikit brightness dan contrasnya make aplikasi Photo Scape (kenapa gak photoshop? karena gue gak begitu ahli make photoshop dan emang gue gak suka merubah image asli dari objek yang gue foto alias lebih suka natural hehe). Sekarang pun gue juga gabung dengan group FB “Indonesian Wildlife Photographer” meskipun agak minder juga ngelihat foto-foto mereka dengan kamera berspesifikasi tinggi, tp gue coba pede aja dengan anti-mainstream :p

So ini beberapa foto yang gue ambil  baik itu di kebun kampus maupun di lapangan :

GambarGambarGambar 

upload foto-foto lainnya bisa dilihat di akun FB gue dan Flickr. 

So kiranya sampai sampai sini dulu dan thanks buat kakak-kakak yang motivasi khususnya di dunia wildlife photography😀  

Tinggalkan Balasan

